Rabu, 18 Februari 2009

Polisi Amankan Puluhan Mesin Penambang Emas

Aparat Polres Bombana kembali melakukan razia mesin penambang emas di lokasi penambangan. Alhasil, operasi yang digelar, Rabu (10/02) kemarin, di kawasan penambangan Lulua, puluhan mesin pencari emas sejenis dompeng berhasil diamankan petugas. Sebelumya polisi juga telah menyita puluhan mesin ketika melakukan razia di kawasan Satuan Pemukiman (SP) Delapan dan sekitarnya.

Sekedar diketahui, razia mesin pencari emas itu berlangsung sekitar pukul 11.00 wita. Kabag Ops dan Kasat Reskrim, Iptu Suyuti diturunkan langsung untuk memimpin prosesi penertiban itu, sementara unsur yang dilibatkan dalam razia ini, selain dari anggota Polres Bombana, puluhan pegawai kehutanan Bombana dan Satuan Polisi Pamong Praja ikut diterjunkan.

Sesuai pantauan saat berlangsungnya penertiban, secara umum para pemilik mesin tidak berada di lokasi. Sementara alat yang digunakan untuk mengangkut puluhan mesin dompeng, polres menurunkan satu unit alat berat milik PU Bombana, yang dibantu beberapa unit truk.Prosesi evakuasi hasil tangkapan dari lokasi penambangan menuju Kantor Polres Bombana berakhir sekitar pukul 22.30 wita.

Kasat Reskrim, AKP Suyuti, dikonfirmasi usai melakukan razia, mengatakan, operasi ini adalah operasi penertiban penambangan, karena semua mesin yang beroperasi di kawasan penambang hingga saat ini belum memiliki izin penambangan. Menyinggung soal razia lanjutan, mantan Kapolsek Anggata tersebut masih enggan berkomentar.

"Tergantung perintah pimpinan, kami hanya melaksanakan tugas dan perintah ," jawab singkat Suyuti pada wartawan koran ini yang ikut menyaksikan langsung saat penertiban mesin emas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar